Iklan
Oleh: viwimoto.com | 3 Mei 2016

Cara agar anak mau menggunakan helm

051020141523

Mengajarkan anak agar mau menggunakan helm saat berkendara  adalah gampang-gampang susah, tergantung bagaimana kita selaku orang tua mau membiasakan kepada anak untuk selalu menggunakan helm. Anak kecil terutama balita hampir semuanya menyukai sepedah motor, selalu senang ketika kita ajak berkendara keliling komplek maupun jalan-jalan keliling kota.

Vw sendiri dalam keluarga, sedini mungkin mengajarkan / membiasakan menggunakan helm  ketika berkendara, meski untuk perjalanan jarak dekat. Si kecil pun sejak berumur 18 bulan sudah di belikan helm pertama nya.

Awalnya berfikiran akan sulit membiasakan si kecil untuk menggunakan helm, bagaimana jika si kecil marah ketika kepanasan di perjalanan.. rasa takut itu malah membuat vw mencari trik bagai mana agar si kecil mau atau membiasakan untuk pertama kalinya mengguankan helm.

Dan benar saja, ketika pertama kali dia menggunakan helm agak sulit, karena mungkin belum terbiasa ada sesuatu yang terasa berat dikepalanya. Si kecil mulai rewel…  nolak pakai helm. Vw gak kalah trik..

Karena memang anak sekarang nalarnya cukup bagus, jadi harus pake siasat. 😀 apa saja siasatnya :

 

  1. Motor pura-pura mogok jika penumpangnya tidak pake helm

Ketika si kecil menolak memakai helm, ok.. kita ikuti dia dan naikan ke atas motor, kita pencet electric stater pura-pura mesin mati karena penumpangnya ada yang belum memakai helm. Ternyata anak saya protes kontaknya belum di nyalain katanya. 😀 jadi modok (mogok), “nyengir sendiri jadinya” dia tau lagi di boongin.  Berhubung motor vw matic, ok kontak di posisi ON, di pencet electric stater tetap gak mau hidup karena memang tuas rem tidak di tekan, sampai si kecil ikutan mencet-mencet dan tetap tidak mau hidup mesinnya. Baru ketika dia menyerah dengan terpaksa mau pakai helm 😀

 

  1. Jika tidak pakai helm nanti di tilang Polisi

Pada dasarnya meski masih kecil, seorang anak sudah mempunyai rasa memiliki apa yang memang dimiliknya. Nah ketika si kecil menolak memakai helm.. Nanti ketika ketemu Polisi di jalanan motornya di ambil Polisi. Berhubung takut motornya diambil, dia nurut mau memakai helm

 

  1. Memuji ketika si kecil mau menggunakan helm

Meski baru berumur 18 bulan anak-anak sangat senang ketika di puji oleh orang tua maupun orang lain. Dianggap keren ketika mau menggunakan helm, itu sangat membantu agak si kecil percaya diri atau bangga menggunakan helm miliknya.

 

  1. Membatalkan acara jalan-jalan

Pernah suatu ketika si kecil sedikit bad mood ketika jalan-jalan kekeuh gak mau pake helm. Terpaksa sedikit mengancam membatalkan acara jalan-jalannya jika tidak mau menggunakan helm. Walau dengan muka cemberut akhirnya nurut mau menggunakan helm

 

Walaupun triknya sedikit nyeleneh karena memang bahasa yang di gunakan tidak terlalu berat, karena memang Helm Training untuk balita. Yang memang bahasa yang di gunakan sangat sederhana. Dari trik diatas yang paling ampuh ketika vw lakukan adalah, trik ketiga, memang sedikit  di luar dugaan, ternyata memang anak kecil sangat senang di puji dan dianggap keren ketika melakukan suatu hal.

051020141532

Perjalnan pertama si kecil touring menggunakan helm di sepanjang perjalanan, ketika berumur 2 tahun, saat mengunjungi objek wisata gunung padang di daerah cianjur. Berhasil tidak mengeluh  kepanasan maupun tidak nyaman.

Baca di sini :

Jalan-Jalan Ke Gunung Padang Cianjur

Saat ini sudah berumur 4 tahun, ketika vw coba tidak memakai kan helm, tidak disangka dia protes “helm aa mana, ko gak pake helm” dan sering mengingatkan ketika orang tuanya mau berangkat kerja.. untuk selalu pakai helm. 🙂

ok semoga bisa di jadikan inspirasi untuk para orang tua yang mau mengajarkan anaknya menggunakan helm

 

Baca juga artikel menarik lainnya :

Iklan

Responses

  1. kalo Aira malah minta dibeliin helm 😀

    https://ndesoedisi.com/2016/05/02/ndeso-edisi-gonta-ganti-motor-dengan-dana-pas-pasan/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: