Iklan
Oleh: viwimoto.com | 15 November 2017

Daily Review Honda Rebel 500, Moge nyaman yang cocok di pakai harian

Viwimoto.com – Hallo Sob.!! Mungkin masih banyak orang yang belum mengenal Rebel 500, yaitu motor keren dan gagah berkapasitas mesin 500cc keluaran Honda bergaya Bobber. Minggu kemarin Honda Rebel 500 menemani kegiatan vw selama tiga hari, atas pinjaman dari PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku Dealer utama Honda Jakarta-Tangerang.

Dalam kesempatan ini vw benar-benar menggunakan Rebel 500 untuk riding harian, mulai Turing ringan bersama istri dan anak ke daerah pegunungan jalur puncak 2 Sukamakmur dihari pertama, menghadiri launching CRF150L di BSD di hari kedua, dan riding ke ibu kota dihari ketiga. Total hampir 350km yang vw tempuh bersama Rebel 500 ini, tapi yang tercatat hanya 317km karena lupa mereset ulang. ūüėÄ

Dari total tiga hari itu vw bisa lebih mengenal karakter si Bobber ini, mulai dari Handling, performa mesin, ergonomi dan apasih kelebihan motor ini.. Yuk kita bahas satu-persatu.


Handling bersahabat bagi pemula

Saat pertama kali vw mengendarai Rebel 500 ini adalah di Bandung, memang sedikit terasa beda dengan motor lainnya karena titik berat atau center gravity sangat terasa ada si bagian depan, jadi dalam keadaan diam terasa berat dari tengah ke depan, namun jika motor sudah berjalan rasa berat itu sedikit berkurang, tapi mungkin sedikit canggung ketika berbelok agak perlu sedikit adaptasi karena stang agak sedikit berat.. Tidak heran memang bobot motor ini adalah sekitar 200kg. Tapi gak perlu lama untuk membiasakan belok dengan nyaman dan gak kaku.. Untuk hari pertama review vw langsung klop dan gak perlu adaptasi lagi.

Performa Mesin Cukup Beringas

Honda Rebel 500 di  bekali Mesin 471 cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder diambil dari Honda CBR500R. Setelan ECU diubah untuk fokus pada torsi, jadi penyaluran torsi sangat halus dan linear di seluruh rentang putaran. Torsi maksimum 45,8Nm @ 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 35,2kW @ 8.500rpm.

Kemarin pas riding di BSD coba bejek gas agak dalam, suara knalpot Custom terasa merdu sekali di dengar, meskipun Honda mengklaim penyaluran torsi lebih halus tapi jambakannya bikin tangan ini nahan lumayan kuat agar badan gak kehempas kebelakang, ternyata tenaga cukup Beringas. Karakter nafasnya saat perpindahan gigi memang terasa lebih pendek dari motor 500cc Honda lainya.

Ergonomi sangat bersahabat 

Nah untuk para biker dengan tinggi badan kurang dari 160cm Honda Rebel 500 joknya masih bersahabat, tidak ada gejala kaki jinjit balet. Kaki menapak sempurna dan sedikit menekuk. Posisi berkendara juga sangat rileks, jok sangat nyaman,  empuk banget sob.. rasanya seperti ada per di dalam jok jadi gak ngerasa kebanting saking empuknya.

Posisi stang memang agak sedikit jauh, jadi tangan menjadi lurus bagi Biker mungil, untuk vw sih masih nekuk. Yang pasti posisi riding nyaman poll

Suspensi sedang 
Untuk suspensi yang vw rasakan saat melewati jalanan tidak rata saat membawa Rebel 500 adalah tidak terlalu keras juga tidak terlalu lembut, sangat pas.. Dibawa nikung juga tidak limbung.

Kenapa vw sebut Honda Rebel 500 ini sebagai moge yang pas jika di bawa harian, apalagi bagi pemula. karena handling Ok, motor gak bongsor-bongsor banget malah vw sebut lumayan ramping, diajak selap-selip di kemacetan ibu kota masih bisa diandalkan, konsumsi BBM sekitar 20-25km/L, dan yang terpenting adalah panas mesin tidak mengganggu area kaki, bahkan bisa vw sebut tidak berasa panas jika dipakai saat perjalanan luar kota dengan jarak lumayan jauh dan sedikit panas ketika dipakai di kemacetan ibu kota itupun masih dalam kata wajar .

Untuk Jabodetabek Honda Rebel 500 dibandrol sekitar Rp. 147 jt, gak heran motor ini sangat laku di pasaran mengalahkan jajaran Big Bike dari Honda lainnya, karena memang motornya asik buat diajak jalan ataupun nongkrong.

Next artikel vw akan bahas Touring Rebel ke Sukamakmur dan apa pendapat istri tentang motor ini sebagai boncenger dan artikel fitur juga galery foto Rebel..

Ok semoga berguna..

Baca juga artikel menarik lainnya :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: