Suzuki X Super, Sejarah Pertama kali Bisa Bawa motor

Viwimoto.com – Hallo Sob.!! Ngomongin masa-masa muda jaman dulu memang ada kalanya seru juga.! Kali ini vw bakalan bercerita bagaimana sih pertama kali belajar mengendarai sepeda motor sendiri.. Jujur saja orang tua vw termasuk orang tua yang kolot atau susah memberikan ijin terhadap anaknya untuk mengendarai motor sendiri, mungkin ya terlalu cemas takut terjadi apa-apa dengan anaknya, kecuali ibu agak sedikit longgar Maslah perizinan.. Tapi memang dasarnya anak lelaki itu rasa penasarannya besar, ya jadi gak berlaku tuh ijin minta belajar naik motor sama orang tua..

Tidak jarang memang orang tua lelaki mengajarkan anaknya naik motor, tetapi tidak dengan vw.. Dulu pertama kali belajar motor itu dengan cara mencuri-curi kesempatan, pada saat motor tidak dipakai bapak bekerja.. Kebetulan setiap hari bapak bekerja menggunakan motuba kijang super pada saat itu..

Berhubung ijin sangat sulit untuk minta belajar motor, jadi untuk pertama kali belajar itu pada saat SMP kelas 2, tahun 1997. 

Foto ilustrasi

Bapak sendiri bekerja di dinas pendidikan dan mendapatkan satu unit motor inventaris merk Suzuki X Super untuk operasional sehari-hari.. Motor ini bermesin 100cc.. Mesin selonjoran dengan kopling manual dan desain motor laki. 
Karena melihat motor nganggur hampir setiap hari, muncul dong rasa kepingin mengendarai itu motor. Karena memang kunci selalu tergeletak di meja dan gak pake acara di umpetin jadi nekat ambil motor buat belajar.. 

Karena ga ada yang mengajarkan tehnik berkendara dengan motor manual, jadi ya begitu pas masuk gigi motor mati-matian melulu, meski sudah tarik tuas kopling.. Hari pertama belajar ngelepas kopling biar motor bisa berjalan mulus, hari kedua mulai keliling kampung, dalam hati akhirnya bisa juga bawa motor sendiri wkwkwk.. Pada saat itu memang kebanyakan teman seangkatan sudah bisa mengendarai sepeda motor bebek, jadi setidaknya vw saat itu bisa seperti teman-teman yang lain bisa bawa motor.. 

Hari berganti hari, sampai berbulan-bulan bapak gak tau vw suka pinjam motornya untuk dipakai belajar, karena ibu pun gak cerita.. Curiga paling kalau isi bensin berkurang drastis, dan disitulah akhirnya vw ketahuan suka pakai motor.. Semenjak itu si kunci motor langsung di umpetin, jadi susah kalau mau pake motor..sekali boleh pake motor, itupun hanya boleh di kampung..

Masa-masa sekolah dulu, SMP-SMU, yang namanya bawa motor itu jarang banget, memang sebetulnya dilarang, pokoknya boleh pake motor asal jangan injek aspal.. Kebayang gak maksudnya.? Intinya bawa motor boleh asal jangan ke jalan aspal (besar) wkwkwk kesel gak kalau difikir, kalau dikasih Motor trail sih oke-oke aja.. Ya kan.?

Vw mendapatkan kebebasan bawa motor sendiri itu pas kuliah, itupun bawa motor Vespa super tahun 72 hasil beli sendiri.. Seperti orang yang haus akan rasa penasaran.. Dengan Vespa itupula mulai naik motor jauh-jauh.. Meskipun motor Vespa kurang sehat dan gak ada lari nya, tapi vw bawa jalan jauh, ke Ciwidey, Selabintana Sukabumi, Cianjur.. Pokoknya saat itu ukuran jarak 100km itu udah kaya Touring lintas provinsi, hahahaha.. 

Jadi hal bersejarah di hidup vw, saat di tanya, motor apakah yang pertama kali bisa vw kendarai adalah Suzuki X super.. Motor ini menemani keluarga vw kurang lebih 8-9 tahun lamanya.. Mengantarkan dari masa-masa ABG menuju dewasa. Masih teringat jelas suara mesin dua tak dengan suara knalpot khasnya si telinga vw. Sayang sekali hanya ingatan yang tersisa, Tidak ada foto kenangan bersama Suzuki X super bersejarah tersebut..

Dengan motor ini pula akhirnya vw memiliki pendamping hidup.. Meskipun motor dengan teknologi sederhana tapi menyimpan cerita si kehidupan vw.

Kalau kalian motor pertama yang bisa kalian kendarai, itu motor apa sob.?

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Suzuki Smash SR, hadiah motor pertama Viwimoto – viwimoto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*