Iklan
Oleh: viwimoto.com | 26 April 2017

Karakter Suzuki GSX-S150 sangat pas buat Touring..

wp-1492453501930.jpgViwimoto.com – Awal minggu lalu menjadi pengalaman yang cukup berharga buat vw, menjadi salah satu Bloger (D’Gujubar) yang ikut serta dalam Touring GSX-S150 T4klukan Ba7asan Jelajah Pulau Jawa, etape  satu.. yaitu dari Jakarta menuju Purwokerto Jawa Tengah. Dalam Touring ini vw bisa mengenal lebih jauh dengan motor terbaru dari Suzuki ini. Sebelumnya sudah mencoba (Test Ride) GSX-S150 di Citos, Trans Studio Bandung dan Gn. Mas Puncak, namun dirasa kurang puas, karena hanya berkeliling di area parkir saja..

Baca juga : Suzuki ajak para Bloger, Touring jelajah pulau jawa bersama GSX-S150

wp-1492453556849.jpgPerkiraan jarak yang akan di tempuh oleh rombongan di etape satu ini sekitar 500km, dan ternyata 530km.. tentu vw akan bisa lebih meng-explore sisi kekurangan dan kelebihan dari GSX-S150 ini.. berangkat dari Suzuki Sunter pada pukul 08:00 pagi, rombongan dilepas oleh Mr. Seiji itayama… dibarengi kemacetan jakarta di senin pagi mengawali touring kami..  anggap saja perkenalan dengan GSX-S150 dibawa macet, sempat keteteran mengejar rombongan lain yang memang terhalang kepadatan kendaraan dari sunter menuju Kramat Jati. Selepas Depok jalanan mulai lancar, sedikit bisa lebih menambah kecepatan..

touring gsx jelajah jawa viwimotoJujur Suzuki GSX-S150 ini berasa ringan sekali, namun vw beradaptasi lumayan jauh, sekitar 130km, Jakarta-Puncak-bandung, hingga menemukan posisi yang pas saat riding dengan GSX ini, selebihnya nyaman poll.. maklum viwimoto adalah matic mania yang sudah kurang lebih sembilan tahun lamanya..

touring gsx viwimotoSelama perjalanan etape satu disuguhi perjalanan yang cukup komplit, mulai jalan macet, rusak, berkelok-kelok, tanjakan dan turunan. Sebelumya vw kira Touring dengan GSX-150 ini akan sama dengan Motor Sport lainnya, nyatanya sangat diluar perkiraan. meskipun GSX-S hanya motor 150cc namun rasanya sangat nyaman di kendarai dan bertenaga dibandingkan motor sekelasnya.. ok kita bahas satu perstu..

GSX-S150 ini lumayan ramping, serasa bukan motor sport 150cc.. Motor ini asik diajak meliuk-liuk di tikungan, tidak ada gejala ngebuang/ngebanting saat melakukan cornering, berkesan nurut dan jinak..  bahkan disaat hujan lebat di daerah Majenang menuju Purwokerto tetap asik dan percaya diri melahap setiap jalan menikung. IRC Exato menjadi pasangan serasi untuk velg lebar GSX-S150 ini.. cukup nge grip di track basah.. Pengereman sendiri untuk depan sangat baik (Pakem) namun tidak ngagetin, lebih lembut namun pas.. untuk rem belakang sama lembutnya tapi tidak se pakem depan.foto dijalan touring gsx-s150untuk posisi riding, GSX-S150 ini di bekali dengan stang yang cukup lebar dan lumayan tinggi, hal ini membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman karena tubuh lebih tegap.. Terbukti ketika vw menempuh jarak 250km perjalanan dari Jakarta menuju Garut, gejala pegal pinggang dan tangan malah tidak terlalu terasa.. Cuman jok saja yang terlalu tipis, membuat Bokong lumayan panas.. tapi masih bisa di atasi dengan menggeser posisi duduk agar lebih nyaman.

viwimoto

Mesin 150cc DOHC, 4 Tak 1 silinder pendingin cairan, dengan power 19,17 HP (14,1 KW ) pada 11.00 RPM membuat vw nyengir-nyengir sendiri, bagaimana tidak sob.. dari enam percepatan yang ada pada Suzuki GSX-S150 ini, vw hanya sering menggunakan Gigi 3-4 saja.. “Gilaaa ini motor nafasnya panjang banget” bikin males oper gigi.. 😀 😀 😀 gigi 3 bisa tembus diatas 90km/jam.. nafas masih panjang dan tenaga ngisi terus walau mesin di geber.. apipotoblog malah pernah tembus 100km/jam di gigi 3 saat touring Jakarta–Puncak PP.. Enggine Brake sangat halus sekali, jadi gak perlu lah yang namanya Sliper Clutch, terbukti saat melalui jalanan menurun dan berbelok saat hujan, menurunkan gigi, roda belakang tidak melintir/selip… untuk panas mesin bagaimana..? nah ada untungnya pas awal keberangkatan di jakarta bermacet-macet ria, bahkan saat sampai kota bandung pun macet lumaya parah.. jadi bisa merasakan apakah hawa panas mesin berasa di kaki… jawabannya adalah, panas mesin saat bermacet-macetan tidak berlebihan, masih nyaman tidak begitu terasa di kaki.. jadi masa depan aman sob 😀 telor gak bakalan mateng saat touring..

Nah sekarang ngomongin konsumsi BBM untuk motor ini berapa sih..? GSX-S150 termasuk irit poll untuk motor 150cc, jika dibandingan tenaga yang dihasilkan saat di geber… untuk unit motor yang vw gunakan menghabiskan bensin untuk 46.7km/L untuk Trip pertama, sedangkan Trip ke kedua 44.3km/L,   bahkan ada salah satu kawan yang mengikuti etape ke dua tembus di 55.3km/L..

gsx s150 foto viwimoto

kesimpulan untuk perjalan touring menggunakan Suzuki GSX-S150 kemarin adalah.. motor ini nyaman dikendarai, minim getaran, panas mesin tidak menyiksa kaki.. posisi riding yang pas, membuat betah berlama-lama diatas motor dan tidak cepat lelah saat berkendara jauh.  Footstep GSX-S150 yang sama plek dengan GSX-R150 yang sebelumnya vw anggap aneh untuk motor naked yang pake footstep motor fairing, ternyata menjadi kelebihan saat dia diajak merebah di jalan menikung, menjadi lebih berani miring-miring dan nyaman.. salah satu yang bikin vw kepincut sama motor ini adalah, performa mesin yang bikin pengen gass poll, nafas motor bener-bener panjang.. gak cepat di cekik limiter.. Karakter mesin GSX-S150 keluar ketika dibawa touring sob..!! tenaga stabil, powerful, handling mantap menjadi nilai plus.

Untuk harga 23 jutaan, motor ini sangat layak untuk di miliki..

GSX-S150 viwimoto

Baca juga artikel menarik lainnya :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: