Berkedara Di Saat Puasa, Emosi Gampang Tersulut..

 

JakartaTrafficJam-JakartaMacet

Disaat puasa terkadang godaan terasa banyak sekali. Godaan bukan hanya datang dari rasa lapar dan haus, tapi Godaan datang juga dari rasa emosi. Terutama di saat berkendara di jalanan. Setelah dengan segala rutinitas yang menguras tenaga dan dan fikiran. Tekanan dari pekerjaan, rasanya sulit sekali menghidari rasa emosi tersebut. Di jalan banyak sekali pengemudi atau biker yang beraneka ragam sikap dan gaya berkendara, apa lagi jika dalam keadaan macet. Oleh karena itu di perlukan rasa sabar yang sangat exstra.. terlebih di bulan puasa seperti ini, emosi di jalan gampang sekali tersulut. mulai dari  benturan stang motor, pengendara di belakang kita tidak sabaran, klakson yang di bunyikan dengan panjang, Di salip dengan cara yang membahayakan. Mungkin jika di saat tidak dalam keadaan lapar akan biasa saja tapi lain hal jika kita sedang dalam keadaan lapar. Emosi mazbro….!

Rasa lapar memang memicu amarah. Hal ini karena bila orang dibiarkan lapar dalam jangka waktu lama, maka kadar gula darah di dalam tubuhnya sangat terganggu.

Akibatnya, pasokan glukosa (gula) yang mencapai otak menjadi berkurang. Di dalam darah, glukosa dikirim juga ke otak sebagai sumber energi yang antara lain berguna untuk mengontrol temperamen dan emosi negatif lainnya.
Rendahnya kadar gula darah atau hipoglikemia inilah yang akan membuat amarah seseorang menjadi naik, sehingga mudah tersinggung dan marah. Gula darah rendah juga dapat disertai dengan kecemasan, kelelahan dan sakit kepala.

Bila tingkat serotonin dalam tubuh rendah, juga dapat membuat orang mudah tersinggung dan marah. Serotonin adalah hormon yang berfungsi mengontrol suasana hati, nafsu makan dan tidur, juga merupakan hormon yang membuat orang merasa bahagia dan menghilangkan emosi negatif.
Serotonin disintesis dalam tubuh dengan bantuan asam amino yang disebut triptofan. Triptofan tidak terbentuk di dalam tubuh dan harus dipasok oleh makanan. Dengan demikian, menambahkan menu harian dengan makanan kaya asam amino esensial menjadi sangat penting.

Banyak ahli gizi di seluruh dunia juga merekomendasikan mengatasi amarah dengan makanan yang mengandung glukosa atau makanan peningkat suasana hati untuk mencegah rasa lapar. Diet yang kaya protein, lemak dan serat akan membantu mencegah kelaparan.

Ada pun tips yang bisa mengurangi emosi saat berkendara

  1. Berfikiran positif dengan keadaan lingkungan. Jangan terbawa emosi di saat orang lain berkendara seenaknya.
  2. Selalu berdoa dan ingat selalu terhadap allah. Insya allah di beri ketenangan.
  3. Rileks saat berkendara. Hidari ingin cepat sampai di tujuan.
  4. Sesuaikan pakaian saat berkendara. Hindari pakaian atau jaket yang kedap udara. Ini bisa mengakibatkan panas di tubuh jadi meningkat.

Demikian semoga berguna….!

Advertisements

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*