(DIY) Ganti V-Belt Karimun Kotak, Berikut Biaya Yang Harus Dikeluarkan

Viwimoto.com – Hallo Sob.!! Memelihara mobil tua memang harus ekstra telaten dan sabar. Sebisa mungkin kita harus tau cara merawat dan memperbaikinya sendiri jika ada masalah, tentunya untuk menghemat pengeluaran. Seperti halnya Suzuki Karimun Kotak, tunggangan sehari-hari vw untuk beraktivitas yang nyaris berumur 19 tahun.. tidak terasa empat tahun sudah vw memelihara mobil mungil ini sob..

Dari umurnya yang nyaris dua dekade, tentunya sudah mulai banyak part Yang aus.. kita ambil contoh kasus, kali ini adalah V-Belt untuk Alternator dan AC.. beberapa Minggu ini sudah mulai mengeluarkan gejala suara decitan di area mesin.. Tentunya jika digunakan saat beraktivitas membuat rasa tidak nyaman dan sedikit rasa cemas..

Harga part ini sebetulnya tidak terlalu mahal, tapi terkadang suka di sepelekan. Untuk sepasang V-Belt tersebut bisa ditebus dengan harga 50rb rupiah, original part dari Suzuki (SGP). Jika sampai terjadi putus V-Belt Alternator, tentu pasokan listrik akan terhenti, imbasnya mobil bakalan mogok.. kan gak lucu kalau misal mogok di tempat yang jauh dari keramaian atau bengkel..

Penggantian V-Belt Karimun Kotak gak terlalu sulit sob.. cukup menggunakan kunci pas 12 untuk mengendurkan baut alternator dan 14 untuk mengendurkan baut tensioner belt AC..

Nah misalnya jika di daerah sobat sulit menemukan part original dari Suzuki (SGP), sobat bisa menggunakan merk lain dengan ukuran FM-30.5 dan FM-33. Harga pasaran untu V-Belt ini 20 – 30rb/pcs..

Ok sob bagaimana cara pemasangan V-Belt si Suzuki Karimun Kotak..

Langkah pertama adalah kendurkan baut pengikat Alternator menggunakan kunci pas 12, setelah kendur, sobat tarik Alternator ka arah depan mobil.. setelah itu V-Belt akan ikut kendur, lalu lepas V-Belt Alternator.

Posisinya di bawah ya sob, ada seperti pulley kecil.

Langkah kedua, untuk melepaskan V-Belt AC dengan menggunakan kunci pas 14.. ada dua baut yang harus sobat kedurkan, dan tidak usah di lepaskan ya sob.. pertama adalah baut pulley tensioner V-Belt AC yang ada di bagian bawah..

Setelan tensioner V-Belt AC, ada di kolong

Setelah pulley tensioner V-Belt AC di kendurkan, lanjut kendurkan setelan tensioner V-Belt AC yang ada di kolong mesin sob.. kendurkan hingga pulley tensioner AC naik ke atas, bisa di bantu dengan di tarik ke atas melalui sisi mesin.. setelah kendur, V-Belt AC bisa kita copot..

Setelah semua V-Belt copot, lakukan pemasangan V-Belt baru.. dimulai dengan mengganti V-Belt AC terlebih dahulu dilanjutkan dengan V-Belt Alternator.. lalu kencangkan baut setelan V-Belt AC yang di kolong mesin. Atur kekencangan V-belt, kalau sudah lanjut kencangkan pulley tensioner V-Belt AC.. setelah itu terakhir kencangkan baut Alternator, sambil tekan Alternator ke arah belakang mobil, hingga V-Belt tidak kendur..

Dari pemasangan V-Belt sendiri, vw bisa berhemat uang 50-100rb jasa pemasangan.. uang tersebut bisa digunakan untuk membeli BBM..

Ok sob, semoga artikel ini bermanfaat dan mudah untuk difahami.. salam ngoprek..

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*