Lampu Solar Cell karya SMK Tanggerang, terangi Pengungsi Palu

​Viwimoto.com – Hallo Sob.!! Masih belum berakhir beban saudara kita yang terkena bencana gempa bumi di Lombok.. Bencana gempa dan tsunami kembali mengguncang saudara kita di daerah palu Sulawesi tengah, hingga ribuan orang kehilangan nyawa dan tempat tinggal..

Untuk meringankan derita korban bencana alam di Palu, Yayasan Wahana Arta (YWA)pada hari Rabu (03/10) mendatangi redaksi harian Republika di daerah Buncit Jakarta Selatan, untuk ikut menyalurkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu Donggala. Bantuan senilai 250 juta tersebut disalurkan langsung melalui dompet peduli Republika, oleh ketua umum Yayasan Wahana Artha, Ronnal Prawira,ma langsung Direktur Republika, Agoosh Yoosran dan didampingi oleh Ingrid Firmansyah selaku perwakilan anak perusahaan dari Wahana Artha Group (WAG)

“Sebelumnya kami juga salurkan donasi kepada korban bencana Gempa lombok, kesedihan kembali melanda saudara kita di Palu dan Yayasan Wahana Artha merasa perlu untuk berikan bantuan kemanusiaan ini”, papar Ronnal.

Selain salurkan bantuan melalui media Republika, Yayasan Wahana Artha juga akan berikan donasi dengan nilai yang sama melalui perwakilan Main Dealer Sepeda Motor Honda wilayah Palu, Sulawesi Tengah. Bantuan  bantuan yang diberikan diharapkan dapat membantu ringankan korban bencana alam melewati masa kritis paska bencana gempa dan tsunami. YWA berikan kewenangan penuh kepada kedua penyalur bantuan untuk digunakan untuk bagi masyarakat Palu dan Donggala yang tinggal di tempat pengungsian sementara.
 Sama seperti bantuan di Lombok lalu, kali ini kami juga akan berikan bantuan lampu darurat sollar sell Buana Smart Light untuk digunakan sebagai penerangan dimalam hari dan dapat dimanfaatkan untuk sumber pengisian alat komunikasi handphone, Tambah Ronnal. Dijelaskannya, pemberian lampu yang menjadi juara dalam kontes Astra Honda Best Student 2018 dapat bermanfaat untuk berikan penerangan serta sumber pengisian telepon seluler.

Sekilas tentang Jaya Buana Smart Light adalah salah satu hasil karya siswa SMK Binaan Wahana Honda yang terletak di wilayah Tangerang. Lampu tercipta setelah adanya kompetisi regional yang digelar Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) dan Yayasan Wahana Artha  ‘menantang’ 53 SMK Binaan untuk menghasilkan karya dengan mengolah limbah yang ada di bengkel sekolah mereka dan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di wilayah Jakarta Tangerang.

 Tidak disangka ide mengolah limbah dan sentuhan teknologi sollar sel SMK Jaya Buana berhasil menjadi pemenang dalam kontes dan kini juga dapat bermanfaat digunakan untuk masyarakat yang terkena bencana alam di Lombok dan Palu untuk mengatasi masalah pencahayaan dimalam hari, ucap Ronnal. Ia tambahkan, semoga masyarakat yang terkena bencana alam di berikan kekuatan dan ketabahan hadapi cobaan ini dan dapat bangkit dengan segera.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*