Usai Liburan Natal dan Tahun Baru, Yuk Gantian Manjakan Motor Kesayangan

Viwimoto.com – Hallo sob.!! Libur panjang Natal dan tahun baru, tentunya waktu yang pas untuk melakukan perjalanan ke tempat wisata maupun mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor Honda kesayangan sobat semua.

 Liburan Nataru Kali ini pemerintah memberikan sedikit kelonggaran, karena tidak adanya pembatasan terkait pandemi. Oleh karena itu banyak masyarakat melakukan perjalanan jauh maupun dekat. Tidak jarang kinerja motor ‘dipecut’ lebih oleh pemilik mulai perihal jarak tempuh maupun beban bawaaan.

Beragam alasan jadi jawaban masyarakat tetap memilih sepeda motor Honda untuk jadi teman perjalanan mulai dari efisiensi hingga sensasi berbeda berkendara diatas roda dua yang penuh pengalaman seru. Layaknya hari raya idul fitri, momen Natal dan tahun baru dimanfaatkan untuk mudik atau berjalan-jalan keluar kota. Demi performa yang maksimal cek kondisi sepeda motor usai digunakan.

Wahyu Budhi, instruktur teknik Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) ungkap tips dan saran memanjakan kembali sepeda motor usai ramaikan momen akhir tahun. “Paling mendasar ialah mengecek dan mengganti beragam cairan di motor, mulai dari oli mesin, oli gear untuk matic, cairan coolant, minyak rem dan lainnya. Cairan ini terutama oli adalah mineral penting untuk dikontrol,” ungkapnya singkat.

Seperti diketahui kondisi normal pemakaian oli rata – rata 2.500 KM untuk sekali penggantian, meski banyak oli yang mengklaim dapat bertahan lebih dari jarak tersebut, kondisi pemakaian dan kondisi mesin mewajibkan unsur ini lebih sering dikontrol. Untuk tipe AT, selain mesin, bagian transmisi juga memerlukan pelumas, dengan harga yang ekonomis di berbagai bengkel resmi Honda tidak salah juga menggantinya sekaligus usai pemakaian liburan akhir tahun.

Cek, Kontrol dan Ganti

Disinggung diatas jarak, cara pakaian, beban dan kondisi mesin, Wahyu beberkan beberapa bagian motor yang perlu dilakukan cek, kontrol atau penggantian.

Ganti

– Oli Mesin.

– Oli Gear untuk tipe matic.

Kontrol

– Pelunasan dan ketegangan rantai untuk motor tipe cub dan sport.

– Shockbreaker untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran demi kenyamanan.

– Alur kembang dan tekanan angin ban.

– Kondisi lampu-lampu.

– Bagian setang khususnya kestabilan komstir setelah melibas beragam jenis jalan.

– Kanvas rem.

– Body secara keseluruhan untuk mengetahui lecet selama perjalanan jauh

– Bagian CVT untuk tipe AT.

– Kanvas kopling untuk tipe cub dan sport yang bisa dirasakan saat berakselerasi.

 

Untuk beberapa bagian yang masih bisa diatasi sendiri, Wahyu menyatakan untuk melakukan mandiri dengan oli atau part Honda Genuine Part. Bukan melarang, potensi kerusakan mesin bagian dalam ada baiknya diberikan kepada mekanik sertifikasi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang buka penuh selama seminggu.

 

“Selain skill dan keaslian part, keuntungan lain mempercayakan perawatan dan perbaikan di AHASS adalah garansi yang menguntungkan konsumen dari potensi kerusakan yang mungkin timbul,” tutup Wahyu Budhi

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*