TATA CARA PERPANJANGAN STNK DI SAMSAT CIBINONG

Di artikel ini VW akan membahas sedikit tentang tata cara perpanjangan STNK. Khusunya di wilayah kabupaten Bogor..

Menurut sebagian masyarakat, membayar pajak kendaraan bermotor sedikit ribet atau lama. Padahal jika kita sudah mengetahui alur tata cara pembayaran pajak kendaraan bermotor tidaklah demikian. Banyak dari kita menggunakan jasa calo , sebetulnya seperti ini tidak mendidik kita untuk lebih mandiri. Lain hal jika kita memang tidak ada waktu untuk mengurus pembayaran ataupun perpanjangan STNK, kita biasa menggunakan jasa pengurusan surat-surat. Namun kemarin tanggal 24 oktober 2012 masih banyak calo yang menawarkan jasa’y  untuk pengurusan perpanjangan STNK maupun pajak. Nah yang jadi pertanyaan kenapa harus ke samsat , jika sesampainya kita disana kita masih menggunakan jasa calo. Yang pasti rugi double ongkos yang di keluarkan dan upah untuk calo.

Hal yang perlu di perhatikan dalam hal ini hanya sabar menunggu dan melakukan prosedur pembayaran  sesuai alurnya. Tidak memakan waktu yang lama.  Ok kita bahas alur tata cara perpanjangan STNK.

1. Foto copy STNK , BPKB dan KTP pemilik

2.  Gesek nomer mesin dan rangka

GESEK NOMOR MESIN DAN RANGKA

3. Ke loket cek Fisik

4. Ke gedung Arsip

GEDUNG ARSIP

5. Setelah itu  kita ambil nomer antrian. Jangan lupa jika perpanjangan STNK kita diharuskan ke loket ke dua di sebelah kanan loket nomer antrian. Untuk cek BPKB

AMBIL NOMOR ANTRIAN

6. Loket pendaftaran

LOKET PENDAFTARAN

Di tunggu hingga nama kita di panggil.

7. Bayar pajak kendaraan

LOKET KASIR PEMBAYARAN PAJAK
LOKET KASIR PEMBAYARAN PAJAK

Jika sudah di panggil lakukan pembayaran pajak di kasir 1 atau kasir 2 tergantung kita diharuskan bayar di kasir mana

8. Stelah proses pembayaran pajak selesai. Kita tunggu di loket penyerahan STNK. Kita akan di beri STNK dan PAJAK asli dan STNK copy berwarna pink yang digunakan untuk pengambilan Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (TNKB)

LOKET PENGAMBILAN STNK BARU
LOKET PENGAMBILAN STNK BARU

9. Ambil TNKB di workshop samsat

Tidak terlalu rumit bukan..?

hanya perlu luangkan waktu dan sabar menunggu..

Lama proses yang kemarin VW habiskan untuk perpanjang STNK adalah 2.5 jam saja. lumayan lama tapi puas rasanya. 😀

Advertisements

25 Comments

  1. Maf gan numpang tanya. Klau ganti flat nmr sama stnk. Udh lima 5tahun . Pajak mati 1 tahun. Terus flat nmr asli nya ga ada . Ktp sesuai bpkb ga ada gimana gan? solusinya

  2. Sy beli mtor ddaerah jalan Padjajaran kota bogor. Apa bisa bayar pajak na di samsat cibinong? Atau harus di samsat kota?
    Maksii

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*