Tips menghilangkan gejala getar pada cvt motor matic

 

IMG-20150816-WA0286

Disela kesibukan sehari-hari, biasanya pemilik kendaraan bermotor malas untuk melakukan service rutin meski hanya dua bulan sekali,  padahal jika kendaraan bermotor tidak di rawat secara rutin dipastikan umur pakai sparepart tidak akan lama dan motor tidak nyaman di kendarai.

Vw sendiri jika ada waktu senggang biasanya menyempatan diri untuk bersih-bersih, jika memang motor sudah tidak nyaman di pakai. Kali ini bagian cvt Yamaha mio yang vw bongkar, karena kemarin mengalami gejala getar/grudukan saat  awal jalan. memang sudah dua bulan belum di bersihkan jadi pasti banyak debu.

Baca juga :

Memang gejala getar pada motor matic pasti semua bakal mengalami, mau yang motor matic mahal sekalipun pasti pernah mengalaminya.

Biasanya gejala getar atau grudukukan, biasanya diakibatkan oleh kotoran seperti debu di area CVT, atau bisa jadi ada part yang harus di ganti seperti kopliing otomatis yang sudah tipis maupun keras, secondary sliding sheave yang alurnya sudah coak, v-belt yang sudah keras, greas rembes atau roller yang sudah tidak bulat sempurna. Oleh karena itu harus di cek sescara detail.

Bagaimana cara agar getar tersebut hilang.? Dalam posisi semua part masih dalam keadaan baik atau tidak ada yang rusak.. Nah vw akan memberi tips ringan yang bisa di coba di rumah bagi pemilik motor matic. Siapkan saja kunci T ukuran 8 untuk membuka bak cvt, kunci pembuka kopling umumnya ukuran 34 dan yang jangan lupa adalah Kunci tracker penahan mangkuk kopling otomatis, kunci pembuka kopling ukuran kunci 22 pada mio atau kunci 19 jika yang akan di bersihkan adalah mio injection series atau matic Honda, semuanya untuk bagian belakang. Depan cukup kunci ring/pas 17 untuk membuka pulley.

 

Ok kita mulai, tahap pertama buka bagian depan (pulley) dengan kunci 17, lepaskan semua bagian. Lalu lanjutkan ke bagian belakang (kopling dll) hingga tidak tersisa.

 

Jika sudah semua partnya terlepas mulai lah membersihkan semua kotoran seperti debu dan greas yang  sudah usang dengan menggunakan bensin, kecuali kopling (dihamplas halus) dan vanbelt pakai alcohol 70%.

30122015925

Terlihat seperti di gambar, greas mulai kotor dan sedikit lumer. Jika di biarkan terlalu lama  akan membuat secondary sliding sheave bisa coak, dan itu bisa membuat motor matic jadi agak lama lemot. Tenaga nahan di tengah..

30122015932

Jika sudah bersih semua nya, mulai lah memberikan greas baru pada secondary sliding sheave, agar kinerja secondary sliding sheave bisa semakin lebih baik. Pasang kembali part ke posisi semula. Dan rasakan beda nya jika semua nya sudah di bersihkan.

Ok semoga berguna

Baca juga artikel menarik lainnya :

[display-posts offset=”12″]

Advertisements

59 Comments

  1. Bang kalo mio j series pake kampas ganda suzuki nex bisa kan terus pake yang nex karbu apa injek nya?mohon pencerahanya bang?

  2. Misi gan mau nanya , saya punya motor matic vario 125 tapi pas di gas kecepatan 80km kok motornya getar tapi naik turun pas saya standarin 2 juga saya gas sama juga getar naik turun , itu solusinya gimana ?

1 Trackback / Pingback

  1. Service Kedua Honda Scoopy | Ndesoedisi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*